10 May 2016

Tips Cara Agar Terhindar Dari Kejahatan Internet

Tags

okey-blogging.blogspot.com ~ jaman sekarang makin mudah dengan adanya media internet, namun perlu anda ketahui bahwa internet ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus di ketahui lebih dahulu sebelum anda menjelajah di dunia internet.

Kebanyakan pada saat ini terjadi kejahatan di dunia internet mulai dari penculikan, pemerasan, penipuan, dll. Maka dari itu anda perlu waspada terhadap yang namanya internet ini, mengapa? karena kita tidak tahu dengan siapa dan dimana orang yang kita ajak komunikasi jika ada identitasnya hal itu harus ditelusri dulu.



cara terhindar dari kejahatan internet

Apa itu Internet?

Internet (kependekan dari interconnection-networking) adalah seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

Arti secara logikanya internet adalah sarana yang dapat menghubungkan kita ke dunia luar yang bisa saling berinteraksi antar user (pengguna) dan users lainnya.

Bagaimana cara menggunakannya?

Internet itu merupakan jaringan koneksi yang menghubungkan kita ke server dalam hal ini kita sudah terhubung ke jaringan internet contohnya saja: saat kita mengconnectkan ponsel atau modem hal itu sudah termasuk internet.

Menggunkannya cukuplah mudah internet sudah dapat digunakan apabila sudah terhubung ke jaringan atau memiliki bandwith yang cukup, saat anda membaca artikel ini secara langsung sudah termasuk penggunaan media internet sebagai informasi.

Lalu apa dampak negatif InterNet?

Dampaknya anda bisa saja menjadi korban atau sasaran dari kejahatan cyber crime yang tidak bertanggung jawab itu, kerugiannya bisa saja berupa uang (Ditipu), data penting. bahkan akun pribadi milik anda.

Bukan hanyak itu apabila anda seorang perempuan sebaiknya hati-hati dengan pria yang baru dikenal dan ingin mengajak ketemuan karena hal itu bisa beresiko mulai dari penculikan sampai tindak kekerasan seksual.

Waktu bisa saja banyak habis saat menggunkan media internet, mengapa? saat kita bermain dan saking asiknya melupakan dunia sosial yang akibatnya tingkat elektabilitas di dunia nyata menurun dan tidak perduli dengan hal yang disekitar.

Dan masih ada banyak lagi soal dampak negatifnya. Mungkin itu yang saya ketahui seputar dampak negatifnya jika ingin lebih lengkap silakan cari lagi informasi terupdate.

Bagaimana cara menghindari Cyber Crime?

Menghindarinya tidaklah sulit namun perlu adanya pengetahuan mengenai hal-hal yang diwaspadai dalam menggunkan media internet, berikut informasinya:

1. Jangan mudah percaya

Janganlah sekali-kali anda langsung percaya 100% dengan orang yang baru dikenal entah dari mana asal usulnya, karena apabila langsung saja percaya orang tersebut akan menganggapnya sebagai kesempatan emas yang mesti digunakan.

2. Kenali terlebih dahulu

Tanyalah seputar identitas lengkapnya dulu jika ingin kenal lebih dekat, jika ingin menayakan tempat tinggal, usahakanlah jangan menyebutkan tempat tinggal anda dulu, mengapa? karena jika anda menyebutkan tempat tinggal di Jakarta orang tersebut akan mengaku-ngaku tinggal di Makassar.

Ko begitu? ia soalnya hal ini lagi marak terjadi belakangan ini saat hendak transaksi online atau melakukan jual beli baik itu id akun maupun barang dan jasa. Dengan modus seperti ini berlaku jika tersangka ingin melakukan transaksi COD dengan ketemu langsung tapi karena ngaku tempat tinggal jauh dari anda jadi tidak jadi dan dilanjutkan transaksi online yang sangat beresiko.

3. Lindungi komputer

Pertama lindungi dulu komputer anda dengan firewall yang biasanya aktif jika ada anti virus. Hal ini sangatlah penting jika tidak resiko tingkat kejahatan cyber crime akan mengancam data penting anda.

4. Berhati-hati terhadap situs tidak jelas

Maksudnya yang bagaimana? jika anda ingin melakukan cheat kepada akun game anda dengan cara memasukan password dan email akun ke website tidak jelas sebaiknya tidak usah. Karena hal itu akan memicu kehilangan akun game anda.

Modus yang marak saat ini adalah penipuan berbasis cheat online yang menggunkan website, ini biasanya ditawarkan lewat facebook yang sering ada dikomentar dan status yang menunjukan bahwa cheat di web ini berhasil. Saran saya jangan pernah memasukan email atau password ke website cheat online jika tidak ingin anda kehilangan akun game itu.

5. Membuat password sulit

Hal ini juga cukup penting khususnya bagi akun pribadi yang privasinya sangat penting, biasanya orang atau teman anda akan menebak-nebak sendiri password anda dan mencobanya satu-satu. Mungkin bagi akun game online passwordnya dibuat sedikit susah agar tidak mudah ditebak orang, apalagi ujung password itu 123.

Untuk cara menghindari cyber cirme diatas itu datang dari pemikiran saya sendiri dan yang saya tahu dari berita maupun media lainnya, apabila kurang silakan cari tambahan lagi.

Tingkat keamanan di bidang Cyber Crime

Masalah ini datang apabila anda telah terkena tipu atau menjadi korban cyber crime, pastinya jika yang tertipu sangat dirugikan atau sampai-sampai ada yang diculik gara-gara diajak ketemuan hal itu langsung dilaporkan ke polisi atau yang berwenang.

Jika kehilangan dari segi uang atau data mungkin sedikit sulit untuk mengembalikannya karena benda yang dapat ditransfer itu menjadi sulit untuk dilacak karena mungkin tersangka sudah dapat mengatasinya.

Untuk tingkat kemanannya sendiri bagi saya sudah cukup bagus apa yang dilakukan oleh orang yang ahli dalam bidangnya, hal ini bisa terjadi karena adanya usaha kerja keras dan informasi dari korban itu sendiri.

Lalu bagaimana keamanan yang diberikan polisi?

Menurut saya keamanan yang kita dapat sebenarnya tidak mencapai 100% atau maximal tapi kinerja polisi cukup baik dalam hal ini, ketika terjadi tindakan cyber crime atau kejahatan internet maka POLRI dengan sistem canggih mereka akan melacak si tersangka.

Seperti yang dilansir dari media Kompas.com yang saya baca mengenai jumlah personel polisi cyber crime indonesia hanya memiliki 18 Orang personel. Hal itu diketahui ketika akan dilakukan kerja sama dengan kepolisian cyber crime China.

Pihak China hanya menggelengkan kepala ketika mengetahui hal itu, tentu berbanding terbalik dengan anggota personel Cyber Crime yang dimiliki China sebesar kurang lebih 18.000 personel.

Penutup

Dalam hal ini kita harus bekerja sama dengan pihak terkait agar dapat meminimalisir terjadinya tindak kejahatan di Internet apalagi khusus bagi anda yang baru mengenal dunia internet ini sangatlah harus berhati-hati dari segala unsur penipuan.

Saya sendiri hanya bisa membantu memberikan tips agar terhindar dari kejahatan internet supaya anda dapat berhati-hati juga nantinya, sisanya tergantung dari diri anda sendiri.

Mungkin hanya itu yang dapat saya ketahui dari pembahasan kita kali ini mengenai Tips Cara Agar Terhindar Dari Kejahatan Internet, apabila saya ada salah kata atau pernyataan tidak benar saya mohon maaf kepada anda.

Sekian~

1 komentar so far

It is good to comment, clear, and polite.

No Comments:
- Active Link
- Unethical Words
- Insulting
- Contains Sara & Pornography
- Spam
EmoticonEmoticon